Jumat, Januari 15, 2010

Pakai Server Seperti Sewa Apartemen

Berkembangnya pusat data dan komputasi awan saat ini telah mendorong perusahaan melangkah maju ke teknologi virtualisasi pada pusat data, termasuk pada server, elemen jaringan, dan manajemen platform. Berkaitan dengan teknologi virtualisasi server, saat ini telah ada terobosan paling canggih yang tengah menjadi topik terhangat di tanah air, yaitu Virtual Private Server (VPS).

VPS, juga dikenal dengan Virtual Dedicated Server (VDS), merupakan solusi untuk mendapatkan keleluasaan seperti dedicated server dengan sebagian harga saja. Satu server utama yang berkapasitas besar akan dibagi menjadi beberapa server virtual yang masing-masing terpisah satu sama lain, memiliki sistem operasi sendiri seperti memiliki dedicated server dengan konfigurasi yang cepat. Jika dianalogikan, menyewa VPS kurang lebih sama dengan menyewa apartemen dimana anda hanya menyewa sebagian ruang yang memiliki fungsi lengkap sebagai tempat tinggal, dari satu gedung penuh.

Banyak nilai tambah yang bisa diperoleh perusahaan pelanggan jasa VPS, asalkan mereka dapat memilih penyedia jasa VPS yang tepat. Nilai tambah yang menguntungkan dapat diperoleh jika memilih penyedia jasa VPS yang memiliki jaringan sendiri, sehingga fasilitas servernya memiliki konektivitas yang terintegrasi penuh. Dengan kata lain, pelanggan mendapatkan one stop VPS solution karena dengan berlangganan VPS dan jaringan ke satu provider, secara otomatis terwujud Single-point-of contact untuk end-to-end fasilitas VPS. Nilai tambah lainnya juga dapat diperoleh dari penyedia jasa VPS yang memiliki kelengkapan seperti fitur-fitur aplikasi, e-commerce dan web development, serta fleksibel karena bisa disesuaikan dengan skala usaha.

Untuk menggalakkan layanan VPS di Indonesia, PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) sebagai ICT provider yang selalu beradaptasi dengan teknologi terbaru memperkenalkan solusi VPS Lintasarta. M. Ma’ruf (General Manager Marketing Lintasarta) menjelaskan, “VPS Lintasarta adalah jasa server virtual yang telah terinstalasi dengan sistem operasi Linux RedHat dan pelanggan diberikan akses sebagai administrator. Paketnya dibedakan berdasarkan Disk space, Resource rating seperti CPU maupun Memory, dan jumlah firewall rules yang bisa digunakan,”

VPS Lintasarta sebagai one stop VPS solution karena menawarkan solusi terpadu akses internet atau dengan solusi Data Center lainnya. Tarif bundling jasa ini dapat memberikan nilai tambah berupa jasa internet/Data Center sehingga dapat menghindari komoditisasi jasa. Sebagai tambahan, khususnya bagi perusahaan yang memiliki target pengunjung dari luar negeri, solusi VPS sangat tepat karena penempatan server/website-nya di Amerika Serikat. Selain itu, VPS Lintasarta menyediakan solusi pembayaran online yang terintegrasi dengan bank-bank utama di Indonesia.

Menurut M.Ma’ruf, solusi VPS Lintasarta ini sangat sesuai bagi pengelola portal/website dengan tingkat kunjungan tinggi, penyedia layanan web hosting, korporat dan pemerintahan (terutama karena server private VPS menjamin privasi dan keamanan tingkat tinggi), web developer dan pengembang aplikasi, TV/Radio untuk audio & video streaming dan aplikasi khusus.


sumber : http://infokomputer.com
Adsense Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar