Kamis, Desember 24, 2009

Java Platform EE 6 Sudah Tersedia


Familiar dengan bahasa Java? Inilah salah satu bahasa pemprograman paling banyak dipakai di dunia. Bahasa ini tidak hanya dipergunakan oleh kalangan pengembang biasa, tetapi juga oleh pelaku industri. Tentu saja platformnya dibedakan. Untuk segmen ini, tersedia Java Platform Enterprise Edition (EE). Tujuan penggunaannya antara lain untuk pengembangan dan penggunaan aplikasi berbasis web kelas enterprise. Software development kit (SDK) Java EE sampai saat ini sudah diunduh lebih dari 18 juta kali dengan dukungan dari 28 pemegang lisensi yang memasarkan produk-produk yang kompatibel dengan Java EE.

Kemarin (22/12), Sun Microsystems sebagai pihak pengembang Java baru meluncurkan Java EE 6, versi paling anyar dari platform ini. Java EE 6 memuat banyak feature baru untuk meningkatkan fleksibilitas platform. Salah satunya, Java EE 6 memperkenalkan Profiles yang menargetkan modifikasi pada skenario aplikasi khusus. Di dalamnya terdapat Web Profile, feature ringan yang dirancang untuk secara istimewa memenuhi skenario penggunaan aplikasi web yang mungkin tidak membutuhkan fungsi penuh platform Java EE yang lebih besar.

Dengan peningkatan signifikan terhadap spesifikasi yang ada serta pengenalan teknologi Enterprise JavaBeans (EJB) 3.1 Lite, Web Profile memudahkan para pengembang web dengan cepat dan mudah membuat aplikasi tanpa harus membangun dan mengelola “custom stack”. Selain itu, Java EE 6 mendefinisikan feature ekstensibilitas sebagai sebuah cara untuk merangkul dan mendukung inovasi dan komunitas eksternal serta memudahkan mereka untuk “plug in” ke platform.

Java EE 6 menghadirkan kemudahan penggunaan dan peningkatan produktivitas sambil tetap mempertahankan backwards compatibility Java EE 5, dengan beragam pilihan manfaat implementasi. Implementasi rujukan Java EE 6 diambil dari proyek open source GlassFish. Platform Java EE dan spesifikasi teknologi intinya terus dikembangkan melalui Java Community Process (JCP) bersama beragam komunitas open source. JCP adalah sebuah upaya komunitas bersama, meliputi perusahaan dan organisasi besar terkemuka di industrinya (termasuk Apache, Caucho, Eclipse, Fujitsu, Google, HP, IBM, Oracle, Red Hat dan SAP AG) serta anggota komunitas independen.

Jika ingin mengunduh paket Java EE 6 lengkap dengan rujukan Java EE 6, TCK, dan SDK-nya, silakan mengunduhnya secara gratis di alamat: http://java.sun.com/javaee/downloads/index.jsp.

Adsense Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar