Jumat, Oktober 09, 2009

Inovasi Baru Netbook Prosesor Ganda


Netbook ialah tren mobile PC yang sedang berkembang sekarang. Faktor mobilitas menjadi kunci utama kesuksesan genre notebook mungil ini. Dengan pilihan layar antara 7 sampai 11 inci dan berat sekitar 1 kg, netbook memang sangat mudah dibawa ke mana saja sebagai teman beraktivitas. Namun di balik kemudahannya, tersimpan berbagai kekurangan. Keterbatasan performa merupakan keluhan nomor satu para pengguna netbook. Hal ini tak lepas dari kurang andalnya prosesor Intel Atom yang umum dipakai para vendor.

Menanggapi problem tersebut, satu vendor asal Kolombia mencoba menawarkan solusinya. Haleron telah merancang sebuah netbook inovatif yang menerobos mainstream, yaitu Swordfish Net N102 berkekuatan prosesor Intel Atom N270 ganda. Masing-masing chip memiliki kecepatan 1,6 GHz. Tujuannya jelas, mengatrol performa produk tersebut hingga selevel notebook.

"Harga notebook standar di Eropa dan AS masih di luar jangkauan pasar konsumen Amerika Selatan, padahal kebutuhannya sangat tinggi," demikian pihak Haleron nyatakan dalam situs resminya. Oleh karena itu, mereka memodifikasi chipset Intel 945 sehingga mampu menjalankan dua buah prosesor. Proses tersebut menghabiskan waktu enam bulan. Cara kerjanya mengadopsi menyerupai dual-processor yang telah ada sebelumnya berupa pembagian beban.

Spesifikasi Swordfish Net N102 sendiri, selain dual Atom-nya, tak jauh beda dengan netbook kebanyakan: memori 2 GB DDR2 dan HDD 160 GB, konektivitas WCDMA 3G broadband dan Wi-Fi, web-cam, dan pembaca kartu memori 4-dalam-1. Harga yang dipatok sebesar US$ 449, sudah berikut sistem operasi Windows XP Home Edition.

Menyoal daya tahan batere, prosesor ganda memang mengakibatkan kekurangawetan penggunaan. Batere 3-cell yang disertakan hanya tokcer untuk durasi 2,5 jam. Sebagai jawabannya, Haleron menawarkan batere opsional 6-cell seharga US$ 29 yang diklaim mampu memperlama nyala netbook sampai 4,5 jam.

Belum diketahui pasti rencana pemasaran Swordfish Net N102 ke luar kawasan Amerika Selatan. Padahal sepertinya netbook tersebut bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen di wilayah lain yang punya tingkat ekonomi setara, misalnya Asia Selatan dan Tenggara. Tapi jika tertarik, Anda sudah bisa membelinya secara online melalui situs Haleron.

Adsense Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar