Kamis, Oktober 01, 2009

IBM Terima Anugerah dari Presiden Obama



Delapan kali berturut-turut IBM menerima penghargaan teknologi paling prestisius di AS. Setelah sebelumnya menerima tujuh National Medal of Technology and Innovation, tahun ini IBM menjadi satu-satunya perusahaan yang menerima penghargaan tersebut.

Penyerahan Piagam National Medal of Technology and Innovation bagi superkomputer Blue Gene dari IBM sedianya akan diberikan langsung oleh Presiden Obama pada tanggal 7 Oktober mendatang.

Adalah Blue Gene, debutan IBM yang berhasil memelopori terobosan baru di bidang sains, penghematan energi dan analitik. Kecepatan dan kemampuan Blue Gene memungkinkan berbagai organisasi dan sains untuk mengatasi berbagai masalah yang rumit dan membuat keputusan lebih terinformasi. Hal ini tidak saja berlaku dalam bidang ilmu pengetahuan, tapi juga astronomi, iklim, simulasi, pembuatan model dan banyak bidang lainnya.

Blue Gene juga membantu manusia secara langsung dalam memetakan genome manusia, membantu riset terapi medis, mereplikasikan saya otak, dan menemukan pengobatan untuk penyakit tumor. Di samping itu, Blue Gene juga melindungi persenjataan nuklir, mensimulasikan pembusukan radioaktif, menerbangkan pesawat, memprediksikan tren iklim, dan mengidentifikasikan bahan bakar fosil.

Semua proses di atas dapat dilakukan dengan biaya dan waktu yang lebih kecil jika dibanding dengan pekerjaan secara fisik. Dengan kata lain, Blue Gene juga membantu IBM dalam memangkas ruang dan energi yang diperlukan sebuah sistem komputasi yang dapat memenuhi kebutuhan listrik ribuan rumah.

Menurut daftar Supercomputing 'Green500 List' terkini yang diumumkan oleh Green500.org pada bulan Juli 2009, sebanyak 18 dari 20 superkomputer paling hemat dibangun berdasarkan teknologi komputasi IBM.


Adsense Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar