Minggu, September 06, 2009

Awas! Trojan Incar Pengguna Skype VoIP


Peneliti Symantec—vendor keamanan internet global—telah mengobservasi kehadiran Trojan yang mengincar pengguna Skype VoIP (Voice over Internet Protocol). Trojan ini memiliki kemampuan untuk merekam telepon Skype dan mengirim pembicaraan telepon pengguna ke penyerang via file MP3. Di sini Trojan bertindak sebagai penyadap telepon dan mencuri informasi dari komunikasi telepon Skype.

Symantec mendeteksi Trojan ini sebagai Trojan.Peskyspy dan dapat diunduh ke komputer dengan cara menipu pengguna melalui email scam atau taktik rekayasa sosial lainnya. Ketika Trojan telah menyusup ke dalam mesin, selanjutnya Trojan akan menggunakan aplikasi yang menangani pemrosesan audio dalam komputer dan menyimpan data pembicaraan telepon sebagai file MP3.

File MP3 kemudian dikirim melalui internet ke server yang telah ditentukan. Melalui server inilah, penyerang dapat mendengarkan rekaman pembicaraan tersebut. Merekam pembicaraan telepon dalam format MP3 pasti membuat ukuran file menjadi lebih kecil, artinya data yang dikirim ke jaringan juga lebih kecil, sehingga memercepat pengiriman dan menghindari deteksi.

Trojan tersebut menginfeksi PC melalui teknik hooking dan dapat menyadap pembicaraan bahkan sebelum panggilan ini mencapai Skype atau aplikasi audio lainnya. Hooks merupakan teknik yang digunakan untuk mengubah perilaku dari sebuah aplikasi, yang membuat Microsoft digunakan sebagai aplikasi audio.

Meskipun saat ini ancaman Trojan sudah sangat rendah, namun dikuatirkan penulis software dapat menambahkan fungsionalitas ini ke dalam serangan yang mereka atur sendiri. Oleh sebab itulah, pengguna komputer diharapkan menerapkan best practise keamanan, meng-install dan terus meng-update software keamanan mereka. Terakhir adalah hindari meng-klik link pada email yang mencurigakan.
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar