Senin, Agustus 10, 2009

Open Source Tekan Pendapatan Microsoft


Pendapatan melorot, Microsoft tuding vendor GNU macam Red Hat dan Canonical sebagai salah satu penyebabnya.

Seiring krisis global, pendapatan Microsoft dikabarkan turun hingga US$13.1 triliun. Penurunan terbesar, sekitar 33%, terjadi di divisi client.



Makin disambut-baiknya software berbasis open source oleh pengguna komputer diperkirakan Microsoft akan semakin menekan pendapatan perusahaan milik Bill Gates ini. Sistem operasi Linux, ujar Steve Ballmer (CEO Microsoft) seperti dikutip iTWire, sudah meraup popularitas. tambah Ballmer, terutama di pasar yang sedang berkembang. OEM yang harus menurunkan biaya, PC ukuran kecil berharga terjangkau makin banyak diminati juga diduga sebagai penyebabnya.


Bukan hanya vendor semacam Red Het yang dianggap menggerogoti pasar Microsoft. Google, Apple, Mozilla, dan Opera juga terus aktif menggempur. Google bahkan berupaya keras agar Android, sistem operasi mobile teranyarnya, bisa kompatibel dan dipakai di PC ukuran kecil atau netbook.

Alasan lain yang diungkapkan oleh Microsoft adalah model bisnis berbasis lisensi yang harus bertarung dengan model bisnis open source.
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar