Minggu, Agustus 09, 2009
HP RPoS Masuki Indonesia
Vendor asal negeri Paman Sam, Hewlett-Packard (HP), semakin menegaskan posisinya sebagai penyedia solusi teknologi informasi terlengkap. Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia (urutan 9 dalam Fortune Largest Corp), HP memiliki deretan produk yang mampu melayani berbagai lini, dari kebutuhan personal sampai dunia bisnis beragam skala. Sebutlah desktop PC, notebook, printer, storage, server, dan workstation. Khusus bagi pengusaha toko dan ritel, HP pun memiliki produk berupa Retail Point-of-Sale (RPoS) -- sistem komputer khusus untuk transaksi jual-beli barang. Simpelnya, mesin yang digunakan oleh kasir, tapi tentunya dengan manajemen yang lebih terintegrasi.
Solusi RPoS inilah yang baru-baru ini diperkenalkan oleh HP Indonesia kepada publik. Tersedia dua tipe, yaitu rp3000 dan rp5700, keduanya diperuntukkan kepada usahawan ritel tanah air. Dalam presentasinya yang bertempat di Immigrant, Plaza Indonesia, beberapa waktu lalu, Megawaty Khie (Managing Director Personal System Group HP Indonesia) mengungkapkan kesuksesan produk RPoS milik HP di berbagai belahan dunia. "Berbagai ritel terkemuka, terutama di Amerika Serikat, telah menjadi klien RPoS kami. Misalnya Toys"R"Us, Starbucks, dan Disney," jelas Megawaty. Atas dasar keberhasilan tersebut dan juga permintaan yang tinggi dari konsumen, HP pun mulai melebarkan sayap penjualan RPoS ke wilayah Asia Pasifik sejak tahun lalu. Namun baru tahun inilah, para pengusaha Indonesia berkesempatan menjajal keandalan produk ini.
Ya, tiga kata kunci: tangguh, andal, dan terjangkau, merupakan daya tarik yang dipajang HP Indonesia dalam pemasaran RPoS tipe rp3000 dan rp5700. Ketangguhannya telah teruji secara luas, bahkan sebuah survai di AS menyatakan HP sebagai pemimpin dalam hal kualitas produk PoS dan Back of the Store. HP juga mengklaim produknya ini tahan terhadap guncangan, getaran, debu, dan perubahan temperatur yang ekstrem. Dianah (Market Development Manager RPoS, HP Indonesia) menjelaskan bahwa RPoS HP telah melewati berbagai uji meliputi thermal, impact, dan vibration testing. "Pokoknya sesuai dengan karakteristik lokasi toko & ritel Indonesia pada umumnya," ucapnya.
Paket komplet rp3000 yang ditujukan kepada peritel kelas menengah ke bawah, dibandrol pada angka US$1800. Konsumen akan mendapatkan baki terintegrasi yang memuat CPU, laci uang, pemindai barcode, dan aksesoris lain -- termasuk monitor layar sentuh. Sementara itu, rp5700 memiliki spesifikasi lebih tinggi dan sistem yang lebih andal karena sasaran penggunanya ialah peritel skala besar. Harganya tak jauh berbeda dengan rp3000, yaitu US$1950. HP pun menawarkan kustomisasi spek sesuai kebutuhan konsumen sehingga harga tersebut bukanlah patokan pasti. Yang menarik, HP memberikan garansi selama 3 tahun, on site. "Inilah keunggulan-keunggulan kami dibanding para kompetitor," kata Megawaty pada akhir acara.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar