Selasa, Agustus 18, 2009

Hidup Anda Mungkin Tergantung pada Software Open Source


Software kesehatan open source atau software lainnya yang berbasis Linux telah beredar di jagat maya selama bertahun-tahun. Kecuali jika Anda berada di bidang kesehatan IT, mungkin Anda tidak akan pernah mendengar tentang open source. Ya, pasalnya rata-rata software kesehatan membutuhkan lisensi.

Dari petikan yang didapat dari American Recovery and Reinvestment Act of 2009 (ARRA), dana sebesar US$ 19 telah menandai teknologi Medicare dan Medicaid yang akan diaktifkan intensif selama lima tahun mendatang. Secara umum, program ini dikenal dengan nama HITECH.

Lepas dari software kesehatan yang berbayar, di dalam dunia kesehatan, dikenal pula software open source yang berbasis standar Electronic Health Records (EHR). Yang paling penting dari open source EHR adalah sistem yang dibangun di Vista (Veterans Health Information Systems and Technology Architecture). Oh ya, Vista yang ini tidak ada kaitannya dengan Microsoft Vista lho. Nah, inti dari open source Vista ini disebut WorldVista.

Seperti Linux dengan Canonical dan Novell, WorldVista ini juga telah dikomersialkan oleh Independent Software Vendor (ISV). Suites tersebut kini lebih dikenal sebagai Medsphere dari Open Vista.

Sembari vendor open source mendorong WorldVista menjadi dasar HITECH EHR, sebuah perusahaan baru bernama Axial Exchange beserta cabang open sourcenya yang bernama Axial Project, justru membaca ada peluang dengan menjembatani kesenjangan di antara sistem EHR.

Singkatnya, secara tak langsung, EHR ini mengusulkan penggunaan open source dan standar terbuka sebagai dalih untuk sarana kesehatan. Dengan begitu, hidup Anda akan tergantung pada open source bukan?
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar