Selasa, Juli 07, 2009

WiFi Gratis Bagi Warga Kota Venice


Pernah membayangkan kebebasan mengakses internet nirkabel di mana saja? Dewan Kota Venice baru-baru ini meresmikan layanan internet broadband Wi-Fi yang jangkauannya mencakup seluruh penjuru kota.

Dengan fasilitas ini, seluruh penduduk kota, pelajar, dan pebisnis bisa terhubung dengan jaringan internet supercepat tanpa harus merogoh kocek sepeser pun. Sementara, bagi wisatawan, dikenakan biaya 5 euro per hari.

Layanan internet kota Venice diklaim sebagai jaringan Wi-Fi terluas yang pernah diterapkan di benua Eropa. Sepanjang 10.000 kilometer serat optik, ratusan hot spot, dan sambungan ke semua perpustakaan umum, hanya sekelumit dari spesifikasi teknis yang dimiliki. Salah satu kota paling tua ini menyusul kota-kota benua biru lain dalam memberikan akses Wi-Fi gratis kepada warganya, seperti London, Madrid, Berlin, dan Roma.

"Dewan kota mendanai proyek ini sebesar 10 juta euro. Untuk mengembangkannya, kami akan mencari dukungan pemodal swasta," tutur Michele Vianello (deputi walikota Venice) ketika diwawancarai Reuters.

Koneksi secepat 20 - 100 megabytes akan dimanfaatkan utamanya sebagai sarana e-commerce dan televisi kabel, membebaskan kota dari antena yang mengganggu pemandangan. Selain itu, Vianello juga berencana mempromosikan warisan budaya Venice melalui web.

Untuk menandai peluncuran layanan ini, diselenggarakan game petualangan interaktif Treasure Hunting. Dalam permainan tersebut, para peserta harus mencari sebuah "tongkat sihir misterius" yang tersembunyi di salah satu sudut kota. Untuk menemukannya, mereka memperoleh pedoman arah dan petunjuk rahasia yang dikirimkan secara elektronis lewat ponsel dan laptop.

Dengan adanya jaringan Wi-Fi, pengunjung bisa naik gondola menyusuri keindahan kanal-kanal dan bangunan bersejarah kota Venice sembari membawa peranti mobile. Bahkan mungkin jasa pemandu wisata tidak diperlukan lagi karena semua informasi bisa didapat secara online. Mengasyikkan bukan?
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar