Rabu, Juli 22, 2009

Olah Dokumen Gratis dengan Office Web 2010


Pertarungan sengit antara Microsoft dan Google kian memanas. Gerah dengan popularitas Google Docs yang kian menanjak, Microsoft berencana merilis Office Web 2010 bertepatan dengan peluncuran resmi edisi terbaru paket Microsoft Office 2010.

Office Web 2010 merupakan rangkaian empat aplikasi pengolah dokumen - Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote - yang dapat diakses secara cuma-cuma melalui peramban web (web browser). Nantinya pengguna bisa membuat, mengedit, dan membagi dokumen dengan orang lain kapanpun dan di manapun.

Kemudahan bekerja secara kolaboratif, itu yang menjadi harapan. Pemakai PC maupun Mac; lewat peramban IE, Firefox, maupun Safari; seluruhnya dimungkinkan untuk mempergunakan aplikasi-aplikasi ini. Apalagi fitur-fitur yang ditawarkan tidak akan jauh berbeda dengan versi desktop-nya.

Takeshi Numoto (General Manager Microsoft Office) pernah menyatakan beberapa waktu lalu bahwa Office Web ialah bagian dari visi Microsoft untuk menawarkan user experience secara konsisten dan menyeluruh, baik di PC, web, maupun mobile. "Ini strategi yang kami sebut Software Plus Services," imbuhnya.

Ya, Office versi mobile pun telah dibidik Microsoft. Aplikasi standar semacam Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook telah mendukung format dokumen terbaru yang diperkenalkan Office 2007. Namun terdapat fitur baru bernama Mobile Document Viewer. Pengguna ponsel pintar semacam iPhone dan Blackberry akan bisa mengakses dokumen yang disimpan di server, sehingga file tak perlu diunduh, tetapi cukup di-render dan dibuka pada peramban.

Tersedia pula mode tampilan Conversation pada aplikasi Outlook yang mengelompokkan pesan e-mail berdasarkan thread. Paket Office 2010 versi desktop sendiri baru diperkenalkan pertengahan Juli lalu di New Orleans, AS. Itupun masih tahap technical preview dengan kesempatan diberikan kepada beberapa perusahaan terpilih untuk mengujicoba produk terbaru ini. Office Web belum diikutsertakan dalam uji coba karena rencananya, baru bulan Agustus ini technical preview-nya tersedia.
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar