Selasa, Juli 14, 2009

Google Umumkan Proyek Chrome OS


7 Juli 2009 yang lalu menjadi hari bersejarah bagi Google Inc.. Pada hari tersebut, lewat blognya mereka mengajukan diri sebagai penantang Microsoft dalam segmen sistem operasi komputer. Adalah Google Chrome OS, sebuah sistem yang berjalan di atas kernel Linux dan bersifat open source.

Sepintas dasarnya memang sama dengan Android OS yang dirilis Google beberapa bulan lalu. Namun kedua sistem operasi ini memiliki target pasar yang berbeda. Menurut Sundar Pichai (VP Product Development Google), Chrome OS diperuntukkan bagi pengguna netbook sampai desktop PC. Android bisa juga dipakai dalam netbook, tapi sasaran utamanya ialah handheld devices.

Google memaparkan Chrome OS sebagai sistem operasi open source yang mengusung kata kunci: cepat, simpel, dan aman. Pichai mengklaim, proses booting sampai tersambung ke web hanya akan memakan waktu beberapa detik. Antarmuka dibuat sesederhana mungkin, bobotnya pun ringan. User experience akan lebih banyak dirasakan di internet, mengandalkan aplikasi berbasis web. Penggunaan kernel Linux akan membuatnya tidak rentan terhadap serangan virus, worm, dan malware.

Rencananya, Chrome OS bakal mulai dipasarkan mulai paruh kedua 2010. Akhir tahun ini, kode program akan dibuka untuk publik. Google mengundang komunitas open source untuk ikut serta merampungkan sistem operasi ini. Sementara itu, beberapa perusahaan sudah digandeng Google dalam pengembangan awal, antara lain Acer, Adobe, ASUS, Freescale, HP, Lenovo, Qualcomm, Texas Instruments, dan Toshiba.

Pastinya kemunculan Chrome OS akan memperpanas kompetisi antara dua kekuatan besar ini. Belum lama, Microsoft merilis mesin pencari Bing.com untuk menyaingi popularitas Google. Jangan lupakan Google Chrome vs Internet Explorer, Google Earth vs Bing Maps, dan Gmail vs Hotmail. Bagaimana hasil akhirnya? Kita tunggu saja dulu debut Chrome OS tahun depan.
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar