Minggu, Juni 28, 2009

Waspada! Undangan Twitter Palsu


Pada Mei 2009, Symantec mengamati bahwa tingkat spam melonjak mendekati angka 90% dari seluruh email, konsisten dengan tingkat yang diamati pada Mei 2008. Dengan makin popularnya Twitter, tak heran bila serangan phising terjadap Twitter pun mulai menyerbu.

Menyusul terjadinya phising terhadap Twitter melalui distribusi pesan spam secara massal, Symantec Security Response telah mendeteksi undangan Twitter palsu yang datang membawa worm email massal yang berbahaya.

Nama sisipan berbahaya tersebut adalah Invitation Card.zip dan diidentifikasi sebagai W32.Ackantta.B@mm (pertama kali ditemukan dalam serangan virus e-card pada Februari). Itu merupakan worm email massal yang mengumpulkan alamat-alamat email dari komputer-komputer yang sudah terinfeksi dan menyebar dengan cara mengkopi diri sendiri ke media yang dapat diakses oleh lebih dari satu orang.

Pesan-pesan yang diamati muncul seolah-olah dikirim dari akun Twitter. Meskipun demikian, berbeda dengan pesan Twitter asli, tidak ada URL undangan muncul di badan email. Malahan, pengguna akan melihat sisipan yang muncul sebagai file .zip yang seperti berisi kartu undangan.

Sisipan berbahaya tersebut membawa worm email massal yang mengumpulkan alamat-alamat email dari komputer yang sudah terinfeksi dan menyebar dengan cara mengkopi diri sendiri ke flash disk/disk eksternal dan folder yang bisa diakses oleh banyak orang. Penasaran dengan contoh pesan-pesan spam tersebut? Anda dapat melihatnya di sini
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar