Jumat, Maret 13, 2009

Akankah IE8 Menjadi Browser Microsoft?


Menurut Randall Kennedy dari InfoWorld, IE8 kemungkinan menjadi versi terakhir dari browser Internet Explorer. Tampaknya Microsoft sudah bersiap-siap untuk mengibarkan bendera putih dalam mengembangkan engine Trident yang digunakan di IE selamanya. Jadi produk apa yang akan menggantikan IE?

Kennedy mengatakan bahwa ia mendengar beberapa spekulasi, yang pertama adalah engine WebKit yang pengembangannya disponsori dan kini menjadi standar panutan sebagian browser non IE dan Firefox. Kemudian ada juga satu kubu yang bersikeras bahwa ide menggunakan WebKit untuk browser Microsoft yang berikutnya adalah tipuan belaka dan bahwa Microsoft akan mengadopsi engine baru yang dibuat divisi riset Microsoft. Engine baru ini dinamakan Gazelle sebuah browser dengan tingkat keamanan tinggi.

Tetapi tidak peduli tentang alternatif manapun yang digunakan Microsoft, mereka tetap harus mendukung IE dan ActiveX untuk jangka waktu yang lama, karena banyak perusahaan yang mengembangkan produknya berdasarkan dua aplikasi ini. Untuk sebagian besar pengguna internet biasa seperti kita, ActiveX memang hanyalah sebuah plugin RIA (rich internet application) yang menyebalkan yang telah digantikan oleh Ajax atau Flash. Akan tetapi untuk berbagai korporat yang banyak menggunakan produk Microsoft, ActiveX merupakan teknologi yang cukup penting untuk aplikasi berbasis web.

Kemudian ada lagi masalah dukungan teknologi web seperti HTML/CSS, salah satu aspek di mana IE mengalami kegagalan besar. Apabila Microsoft memilih untuk menggunakan rendering engine sendiri, kita semua hanya bisa berharap bahwa engine tersebut akan mematuhi standar web, tidak seperti produk-produk IE yang sering kacau dalam menampilkan situs berbasis CSS.

1 komentar:

  1. Anonim5:15 PM

    Artikel anda di

    http://microsoft.infogue.com/akankah_ie8_menjadi_browser_microsoft_

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur musikgue, info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    BalasHapus