Selasa, November 10, 2009

Mau Beli iPhone? Hindari Cina


iPhone, ponsel pintar (smartphone) debutan Apple, akhirnya menyambangi negeri yang dijuluki tirai bambu ini. Sayangnya, iPhone di Cina dibandrol dengan harga yang terbilang tinggi jika dibandingkan dengan negara lain.

Bayangkan saja, untuk iPhone 3GS kapasitas 32 GB dijual dengan harga US$1.024. Harga tersebut bahkan tidak termasuk rencana berbagai jenis layanan. Wall Street Journal (WSJ) melaporkan bahwa Cina telah merancang rencana layanan dua tahun dengan membundel biaya sebesar US$3.120, lebih mahal US$500 dengan paket yang sama di Amerika Serikat.

Label harga yang super mahal ini niscaya akan membuat iPhone makin populer di Cina. Pasalnya banyak smartphone yang dijual di China dengan harga rendah.

WSJ juga mengatakan bahwa biaya rata-rata yang dihabiskan untuk sebuah smartphone di Cina adalah US$350. Dengan catatan untuk tahun 2008, sebanyak 11 juta smartphone laris terjual.

iPhone di Cina tidak seperti dengan iPhone yang dijual di negara lain. Di China iPhone dijual tanpa membenamkan teknologi wi-fi. Langkah tersebut diambil karena pemerintah Cina yang ingin mendorong sebuah standar kompetitif. Namun demikian, setidaknya akhir tahun ini semua iPhone yang dijual di Cina sudah menanamkan koneksi wi-fi ke dalamnya.

Adsense Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar