Selasa, Oktober 20, 2009

Sayangi Energi dengan Cisco Smart Grid



Pengembangan infrastruktur komunikasi yang lengkap dan aman akan membantu industri mengoptimalkan pemanfaatan energi, meningkatkan keamanan dan keandalan, serta mengurangi biaya operasional. Inilah yang dicakup oleh konsep Smart Grid hasil inisiasi Cisco.

Dalam keterangan pers yang diterima InfoKomputer kemarin (8/10), Cisco mengumumkan langkah yang sejalan dengan konsep itu. Mereka membentuk ekosistem Cisco Smart Grid untuk memudahkan penggunaan standar komunikasi berbasis Internet Protocol (IP) pada smart grid yang akan memberi manfaat bagi industri energi dan juga pelanggan dari sektor bisnis dan perumahan. Termasuk sebagai anggotanya adalah integrator sistem, vendor teknologi, penyedia energi, operator telekomunikasi, serta vendor jasa dan penjualan yang mewakili berbagai elemen dari infrastruktur Smart Grid.

Pihak-pihak tersebut akan bekerja sama dengan Cisco untuk mendukung pengujian interoperabilitas dan memungkinkan migrasi ke infrastruktur berbasis IP pada aplikasi Smart Grid dan pengelolaan energi, dari pembangkit energi sampai ke pelanggan bisnis dan perumahan. Upaya ini akan membantu mengurangi biaya dan kerumitan yang ditimbulkan dari implementasi solusi infrastruktur komunikasi smart grid multivendor pada perusahaan energi dan anggota ekosistem. Beberapa nama tenar yang menjadi anggota ekosistem ini antara lain: Accenture, EMC, EnergyHub, GE, Infosys Technologies, Oracle, SecureLogix, Schneider Electric, Siemens, Verizon, dan World Wide Technology, Inc.

Selain itu, Cisco juga membentuk Smart Grid Technical Advisory Board (TAB), terdiri dari perusahaan-perusahaan energi terkemuka dari seluruh dunia. Dewan tersebut bakal membantu Cisco menyamakan layanan, dukungan, dan arahan produknya bagi kebutuhan khusus pelanggannya. "Bersama dengan para mitra kami, dan dengan masukan dari perusahaan energi di seluruh dunia, kami akan mengembangkan solusi terbuka berbasis IP yang akan membuat Smart Grid dan seluruh manfaatnya menjadi kenyataan," ucap Sanjay Rohatgi (Managing Director Cisco Indonesia).

Konsep Smart Grid sendiri meliputi layanan dan solusi keamanan smart grid yang menekankan pada pendekatan terpadu dalam membantu memastikan keamanan fisik, keamanan cyber, dan ketersediaan dari sistem elektrik. Dalam menyediakan solusi ini, Cisco mengedepankan layanan profesional yang memanfaatkan kepemimpinan dan pengalaman Cisco dalam merancang dan membangun arsitektur keamanan lengkap. Termasuk dalam layanan keamanan Cisco adalah penilaian kepatuhan utilitas, penilaian kerentanan keamanan fisik, perancangan arsitektur keamanan grid, serta perancangan dan implementasi keamanan fisik dan jaringan.
Adsense Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar