Selasa, Oktober 13, 2009

Akhirnya, RIM Buka Kesempatan Membuat Aplikasi BlackBerry



Bosan dengan aplikasi BlackBerry yang itu-itu saja? Jangan khawatir, pasalnya kini Research In Motion (RIM) telah membuka kesempatan yang memungkinkan pihak ketiga (third-party) menyisipkan aplikasi buatannya ke dalam ponsel cerdas tersebut.

Dengan BlackBerry Widget Software Development Kit (SDK) yang baru ini, pengembang dapat membuat aplikasi web ke dalam BlackBerry yang selama ini hanya menyediakan aplikasi berbasis bahasa pemrograman Java.

Untuk render aplikasi yang menggunakan user interface HTML, CSS, dan JavaScript, BlackBerry widget ini menggunakan mesin browser BlackBerry. Para pengembang dapat menggunakan konten web yang sudah ada menggunakan BlackBerry widget dan memperluas aplikasi web menggunakan BlackBerry widget API.

Contoh aplikasi BlackBerry widget yang baru adalah interaksi antara sebuah widget dan email BlackBerry serta aplikasi kalender, melihat dan mengedit file/dokumen yang tersimpan pada smartphone, mengakses layanan berbasis lokasi atau media player, dan banyak lagi. Pengembang juga dimungkinkan untuk memanfaatkan teknologi Push RIM secara optimal.

Tertarik mencoba BlackBerry widget? Aplikasi ini dapat dicoba secara over-the-air melalui BlackBerry App World di www.blackberry.com/appworld atau melalui BlackBerry Enterprise Server untuk lingkungan korporat. Sedangkan rilis beta BlackBerry widget sudah tersedia mulai hari ini di www.blackberry.com/developer/widget. BlackBerry juga mengadakan BlackBerry Developer Conference 2009 yang akan diadakan tanggal 9-12 November di San Fransisco.
Adsense Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar