Kamis, Mei 21, 2009

Telebit Mobio WS250


Notebook 12,1 inci biasanya dibandrol dengan harga lebih mahal dibanding notebook kelas 14,1 inci. Maklum, bentuknya yang lebih kecil membuat mekanisme pendinginannya sedikit lebih rumit. Namun jika selama ini Anda terbentur masalah harga saat menginginkan notebook 12,1 inci, notebook Telebit Mobio WS250 ini bisa jadi pilihan.

Dengan harga US$ 599 (atau sekitar Rp. 7,2 juta pada kurs Rp. 12 ribu), notebook ini tercatat sebagai salah satu notebook 12,1 inci termurah yang ada di pasaran saat ini. Beberapa kekurangan memang harus dimaklumi. Pertama adalah prosesor yang digunakan (Intel Core 2 Duo T5550), yang jika ditilik silsilahnya merupakan generasi Merom yang L2 cache-nya cuma 2MB (bandingkan dengan Intel Core 2 Duo generasi Penryn yang memiliki cache 6MB). Harga di atas juga tidak termasuk fasilitas Bluetooth, kamera, modem dial-up, dan sistem operasi Windows. Namun notebook ini tetap dilengkapi fasilitas standar notebook masa kini, termasuk WiFi, card reader, Express Card, dan DVD Writer yang mendukung format Dual Layer.

Tampilan notebook ini terlihat sederhana; bahkan bagi sebagian orang mungkin terlihat membosankan. Warna abu-abu yang membalut sebagian besar permukaannya sepertinya tidak akan membuat orang berpaling melihatnya. Meskipun begitu, kami dapati kalau notebook ini terasa solid dan kokoh. Permukaan casing tidak licin serta tahan terhadap gesekan ringan. Baterenya pun terikat kuat di tempatnya, terbukti tidak menimbulkan suara saat kami guncang agak keras. Jadi meski tampilannya biasa saja, notebook dengan bobot 1,8 kg ini tetap bisa digunakan Anda yang ceroboh sekalipun.

Notebook ini pun cukup nyaman digunakan. Ke 84 tombolnya tidak menimbulkan banyak suara ketika digunakan mengetik. Feedback atau pantulan keyboard yang dangkal sempat membuat kami kagok, namun dalam waktu singkat kami berhasil membiasakan diri. Monitornya sendiri tampil cukup terang, namun kami dapati sudut pandang vertikalnya terasa kurang lebar. Digeser sedikit saja kemiringan layar, warna di layar langsung berubah.

Untuk mengukur performanya, kami bandingkan Telebit Mobio WS250 ini dengan MSI VR220 yang uraiannya kami hadirkan di halaman 26. Notebook MSI tersebut menggunakan prosesor Intel T3200 yang memiliki kecepatan 2GHz namun berasal dari keluarga Core Duo atau satu generasi sebelum Core 2 Duo. Jika dibandingkan, notebook MSI memiliki performa yang lebih tinggi meski dengan perbedaan yang tipis. Sepertinya hal ini disebabkan kapasitas memori MSI VR220 sebesar 2GB, berbanding 1GB yang digunakan Mobio WS250.

Namun ada satu persamaan antara keduanya, yaitu kapasitas batere yang kecil. Ini membuat daya tahannya terbatas dalam mode batere. Ketika kami gunakan memutar video HD, Mobio cuma bertahan 1 jam 11 menit. Jadi meski terhitung notebook ringan, Anda tetap harus dekat sumber listrik karena baterenya cepat sekali habis.

***

Seperti umumnya pemain baru, Telebit mencoba memikat calon pembeli dengan harga yang murah. Namun untuk itu, beberapa fasilitas memang harus dipreteli, seperti kamera dan modem dial-up yang bagi sebagian besar notebook adalah kelengkapan wajib. Performanya sendiri tidak mengecewakan, meski juga bukan yang terbaik. Alhasil, notebook ini cocok bagi Anda yang mencari notebook 12,1 inci dan tidak bermasalah dengan ketiadaan beberapa fasilitas pendukung. (Wisnu Nugroho)



Plus : Harga kompetitif; desain kokoh.

Minus: Tanpa Bluetooth, modem dial-up, dan kamera; desain kurang menarik



Skor Penilaian

Kinerja : 3,9

Fasilitas : 3,75

Penggunaan : 4

Harga : 4,2

Skor Total : 3,9
Hasil Pengujian

Karena menggunakan kapasitas memori yang lebih kecil, performa Telebit Mobio WS250 terlihat tertinggal dibanding MSI VR220. Yang juga layak dicatat adalah durasi Mobio WS250 yang cuma 1 jam lebih sedikit pada dua pengujian daya tahan batere yang kami lakukan.
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar