Jumat, April 03, 2009

Symantec: Belum Ada Gelagat Conficker


Virus Conficker dikabarkan akan masuk pada tanggal 1 April ini. Namun perusahaan security jaringan Symantec belum mendeteksi adanya aktivitas tersebut.

"Sebagian besar kawasan, termasuk Indonesia, telah memasuki tanggal 1 April. Para pakar di Symantec Security Response belum mendeteksi adanya aktivitas tambahan, tapi terus memantau kemungkinan terjadinya aktivitas baru dan akan memberikan update jika aktivitas tersebut terdeteksi," ujar Manager System Engineering Symantec Indonesia Ronnie Ng, seperti dikutip melalui keterangan resminya, Rabu (1/4/2009).

Lebih lanjut Symantec mengingatkan, sistem-sistem yang terinfeksi Downadup (W32.Downadup.C) dapat di-update pada tanggal kapanpun setelah 1 April.

Symantec telah menyediakan opsi penanggulangan untuk secara efektif menghindari domain Conficker yang memblokir fitur yang mencegah pengguna PC yang terinfeksi untuk mengakses situs keamanan guna memperoleh tool perbaikan (fix tool).

"Pengguna dapat masuk ke DOS prompt dan mengetik 'net stop dnscache' yang men-disable DNS cache. Pengguna akan memperoleh pesan bahwa DNS client service dihentikan dan dapat melanjutkan akses ke situs Web keamanan atau mendownload fix tool," papar Ronnie.

Symantec Security Response terus mengingatkan pengguna untuk tidak panik, tapi tetap berhati-hati dan menerapkan best practice keamanan dalam kegiatan rutin sehari-hari. Best practice ini termasuk menjaga agar patch keamanan diperbarui, menjaga agar definisi antivirus up-to-date dan berhati-hati ketika mengunjungi situs-situs Web yang mencurigakan atau membuka email dan sisipan email yang tidak diharapkan.
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar