Sabtu, April 04, 2009

Open Storage Sun Jadi Sandaran Internet Archive


Salah satu perpustakaan digital dengan pertumbuhan tercepat di dunia, Internet Archive dikabarkan telah memindahkan arsip digitalnya ke platform hardware dan software terbuka Sun. pengembangan pusat data primer baru tersebut nantinya bakal mengambil tempat di kampus Santa Clara Sun, California.

Archive memilih Sun dengan alasan agar Sun mau membantunya beralih dari arsitektur customized storage-nya ke Sun Modular Datacenter (Sun MD) yang fleksibel dan terbuka. Sistem tersebut terdiri dari teknologi storage terbuka seperti Solaris ZFS dan sistem standar industri dan rendah biaya Sun Fire.

"Internet Archive menawarkan perlindungan digital jangka panjang kepada internet yang bersifat temporer," kata Brewster Kahle (pendiri organisasi Internet Archive). "Saat makin banyak informasi dunia yang sangat berharga bergerak secara online dan data berkembang dengan besar, Internet Archive akan berfungsi sebagai sebuah sejarah hidup guna memastikan bahwa generasi-generasi yang akan datng dapat mengakses dan terus menjaga dokumen-dokumen penting tersebut di dalamnya," imbuh Kahle.

Didirikan oleh Brewster Kahle di tahun 1996, Internet Archive merupakan sebuah organisasi nirlaba yang telah membuat sebuah perpustakaan situs internet dan artifak budaya lainnya dalam bentuk digital yang mencakup format gambar bergerak, live audio, audio dan teks. Archive menawarkan akses bebas ke peneliti, sejarawan, ilmuwan dan masyarakat umum.

Pada akhir 2008, Internet Archive menjadi rumah bagi lebih dari 3 petabyte informasi, yang kira-kira sama dengan 150 kali informasi yang ditampung di Library of Congress. Ke depannya, Archive diharapkan dapat tumbuh sekitar 100 terabyte per bulan.
cewek sma bugil

1 komentar: