Kamis, April 02, 2009

Celaka! Encarta Bakal Pensiun


Microsoft Corp tepat di akhir Maret mengumumkan rencananya yang akan menutup media ensiklopedi Encarta pada akhir tahun ini. Padahal Encarta telah menjadi bahan referensi selama bertahun-tahun dan disediakan secara bebas di internet layaknya sang kompetitor, Wikipedia.

Meski muncul pertama kali pada tahun 1993, Encarta akhirnya harus berjuang menghadapi sang pesaing Wikipedia yang lahir pada tahun 2001. Penutupan Encarta tersebut bisa jadi karena Encarta kalah bersaing dengan Wikipedia yang lebih memberi kebebasan kepada penggunanya. Pada Wikipedia, pengguna dapat melakukan perbaikan input konten (update). Lain halnya pada Encarta, di sini pengguna mesti melewati editor Encarta sebelum akhirnya artikel dari pengguna tersebut di input ke dalam database.

"Orang sekarang ini mencari dan mengkonsumsi informasi dengan cara yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya," ujar pembuat software melalui pemberitaan yang diposting pada situs MSN. Situs Encarta di seluruh dunia (kecuali Encarta Jepang) rencananya akan ditutup pada 31 Oktober, sedangkan Encarta Jepang akan ditutup per 31 Desember tahun ini.

Pemotongan biaya dan peringatan penurunan keuntungan terjadi pada dua kuartal ke depan. Oleh karenanya Microsoft berencana bakal menghentikan penjualan produk-produk perangkat lunak Encarta mulai bulan Juni 2009.







Sumber disini
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar