Rabu, Maret 25, 2009

Kerajaan foto di dunia maya


Fotografer.Net, atau biasa disingkat FN, adalah situs fotografi di Indonesia. Situs ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 30 Desember 2002 oleh Valens Riyadi dan Kristupa Saragih, dua sahabat yang sama-sama terobsesi oleh fotografi. Situs ini menyediakan galeri secara gratis untuk para fotografer memasang foto-foto karyanya.

Di situs ini juga terdapat banyak tutorial tentang fotografi, ruang berdiskusi tentang fotografi dan ruang chat untuk komunikasi bagi sesama fotografer. Tujuan utama situs fotografer.net adalah memberi kesempatan kepada fotografer untuk memajang hasil karyanya, untuk dievaluasi dan dikomentari oleh fotografer lain. Pada akhirnya evaluasi dan komentar tersebut diharapkan bisa membantu para fotografer untuk mengasah kemampuan memotret melalui kritik-kritik membangun.

“Awalnya, pembuatan situs ini hanya modal nekat saja… Cuma berangkat dari niat yang besar akhirnya jadilah…,” tutur Kristupa pada saat gathering Fotografer.Net di kafe Empire Yogyakarta Desember 2008 lalu. Kristupa Saragih sendiri mulai giat menulis sejak 1991 dan memotret sejak 1992. Pria berkacamata ini menimba ilmu di SMA Kolese De Britto Jogja dan Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada. Mantan koresponden Majalah Hai, tahun 1992-2000. Selanjutnya ia sempat mengabdikan ilmu dengan bekerja sebagai field engineer Schlumberger, sebuah perusahaan multinasional di bidang jasa perminyakan, dan ditempatkan di Vietnam dan Mesir. Setelah itu ia banting stir pada profesi fotografer profesional yang diwujudkan dengan mendirikan dan menjalankan situs komunitas fotografi fotografer.net, yang saat ini merupakan situs fotografi terbesar di Asia Tenggara.

Fotografer.net merupakan situs netral dan terbuka. Siapa saja bisa bergabung, bisa memajang foto dan bisa mengkritik sekaligus dikritik. Anggota bisa memperoleh rating dengan memasang foto dan memberi kritik kepada foto-foto anggota yang lain. Selain itu, jika secara sukarela menulis artikel, tambahan rating juga bisa diperoleh dari anggota-anggota yang memperoleh manfaat dari membacanya. Di sinilah esensi dunia fotografi yang kental akan semangat kebersamaan dan saling bantu-membantu dalam arti positif sama-sama dipupuk.

Saat pertama kali diluncurkan situs ini mengalami 2 hari beta testing, dan persiapan pembuatan selama 1 minggu. Pada desain awal, pengerjaan teknis sepenuhnya dilakukan oleh Valens Riyadi, yang meliputi pengerjaan desain database, scripting, dan desain grafis. Beberapa script juga dikerjakan oleh Ronal Rivandi. Ide dan fungsi-fungsi yang tersedia didesain oleh Kristupa W. Saragih dibantu oleh Valens Riyadi. Pada tampilan pertamanya, fungsi yang tersedia hanya galeri foto, dengan berbagai keterbatasan fungsi. Namun seiring dengan perkembangan, beberapa fitur terus dibuat dan semakin melengkapi FN, antara lain Forum, Artikel, dan banyak detail fungsi lain yang turut menyemarakkan FN.

Target awal yang sebenarnya ingin dicapai hanya sekitar 500 member dengan 5.000 foto pada setahun pertama. Perkembangan member kemudian berlangsung cukup pesat, terlebih lagi karena ada dukungan publikasi yang dilakukan oleh beberapa media dengan skala nasional, antara lain detik.com dan Kompas. Dan hanya dalam waktu 6 bulan, kini FN telah memiliki lebih dari 16 belas ribu foto dan 5.000 member.

Perkembangan FN terus pesat. Berbagai acara hunting bersama, baik di dalam dan luar negeri terus diadakan, yang diikuti dengan acara pameran karya. Kerjasama dengan portal foto luar pun dijalin. Pada bulan Mei 2004 diadakanlah Central Java Photo Trip, yang diikuti juga peserta dari Singapore dan Philipine (situs Clubsnap dan Offstone). Menutup tahun 2004, FN memperoleh penghargaan dari Komputeraktif sebagai situs terbaik kategori hobi tahun 2004. (Sumber macacci)

cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar