Rabu, Maret 18, 2009

Hotmail Akhirnya Mendukung POP3


Tim pengembang Windows Live mengumumkan bahwa akses POP3 untuk Hotmail telah dibuka untuk bagi semua pengguna di seluruh dunia! Pada bulan Januari lalu fitur ini sudah berlaku, tetapi masih terbatas untuk pengguna di wilayah Inggris Raya, Kanada, Australia, Perancis, Jepang, Spanyol, Jerman, Italia, Belanda dan kemudian baru muncul di Amerika dan Brazil pada bulan Februari. Tetapi sekarang ini semua orang sudah bisa menikmatinya dan menjadi kabar gembira bagi seluruh pengguna setia Hotmail. Hal ini berarti Anda sudah bebas memilih untuk menggunakan aplikasi client email selain milik Microsoft untuk dapat mengakses email dengan cepat dan mudah.

Bagi Anda yang belum mengenal apa itu POP3, secara singkat adalah sebuah protokol yang memungkinkan hampir semua aplikasi email client yang terinstal di PC ataupun perangkat genggam untuk dapat menjumput pesan email dari inbox yang ada di web dan menampilkannya di dalam aplikasi. Kelebihan mengakses email melalui aplikasi client email semisal Thunderbird dan lainnya adalah Anda bisa melakukan backup terhadap semua pesan yang ada, lebih hemat bandwidth (tidak meload ornamen situs dan iklan), memeriksa email secara berkala dan pemberitahuan jika ada pesan baru yang masuk di-inbox, akses offline dan lain sebagainya.

Alasan kenapa Microsoft membutuhkan waktu yang lama untuk menggunakan POP3 ke dalam Hotmail adalah karena sebelumnya mereka sudah mempunyai teknologi sejenis, yaitu DeltaSync. Tapi hanya dapat digunakan melalui MS Outlook, Windows Live Mail dan Windows Live untuk peggunaan di Microsoft Mobile. Sedangkan POP3 telah dipakai secara luas di banyak aplikasi dan terutama di perangkat genggam.

Untuk menggunakan fitur POP3 ini di aplikasi yang kita inginkan diperlukan pengaturan terlebih dahulu. Pengaturannya sederhana, cukup membuat akun baru pada aplikasi client email dengan pengaturan yang sudah diterangkan oleh tim Windows Live berikut ini:

* POP server: pop3.live.com (Port 995)
* POP SSL: Yes
* User name: ID Windows Live Anda, contohnya namaanda@hotmail.com
* Password: passowrd yang biasanya Anda gunakan untuk mengakses Hotmail atau Windows Live
* SMTP server: smtp.live.com (Port 25 atau 587)
* Authentication: Yes (sama dengan username dan password yang sebelumnya)
* TLS/SSL: Yes

Fitur-fitur lainnya untuk Hotmail akan diluncurkan segera, termasuk penambahan fasilitas web Messenger yang terintegrasi.



Satu lagi perubahan positif dari Microsoft bagi para pengguna layanan mereka. ^^

Sumber: Lifehacker dan ArsTechnica, 2



Photobucket

2 komentar: