Sabtu, Februari 21, 2009

Video Konsep Search Engine Masa Depan Apple di 1987


Kehidupan masa depan selalu berhubungan dengan masa lampau, begitupun dengan perkembangan teknologi. Video dari Youtube berikut ini memperlihatkan sebuah konsep mesin cari bernama Knowledge Navigator yang dibuat oleh Apple pada tahun 1987.

Video yang akan Anda tonton memperlihatkan seseorang yang sedang berinteraksi dengan avatar di laptopnya dan melakukan pencarian jurnal hanya melalui perintah suara. Jadi 22 tahun yang lalu pihak Apple sudah memiliki konsep bagaimana mesin cari dioperasikan dengan suara ini bekerja. Ada juga konsep video call di mana kita bisa menelpon sambil melihat lawan bicara.
Jika kita perhatikan sekarang memang tidak semua yang diperlihatkan pada video konsep itu direalisasikan oleh Apple, tapi hal tersebut bukannya jadi sia-sia. Perusahaan yang membuat video tentang konsep suatu produk luar biasa memiliki berbagai alasan. Salah satunya untuk menginspirasi karyawan mereka untuk membuat produk dengan desain kreatif dan imajinatif, kemudian kembali ke meja kerja dan membuat produk yang benar-benar dapat diaplikasikan.

Albert Einstein pernah mengatakan, "Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan". Maksudnya adalah ilmu pengetahuan tidak akan berkembang jika manusia tidak menggunakan imajinasinya.

Coba lihat contoh video konsep masa depan milik Nokia yang dibuat tahun 2008 ini. Nama produknya adalah Morph. Morph mengadopsi teknologi nano yang kemungkinan akan menjadi tren untuk perangkat komunikasi masa depan. Mungkin 22 tahun yang akan datang kita bisa menonton kembali video ini untuk membandingkan dan melihat sudah senyata apa imajinasi itu (Blogoscoped):



sumber http://www.udaramaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar