Sabtu, Februari 07, 2009

Toshiba Bersiap dengan Santa Rosa

Teknologi notebook terbaru yakni Santa Rosa dari Intel kini telah diimplementasikan. Adalah Toshiba, salah satu pemain utama notebook yang pertama merilis jajaran produk terbaru dengan teknologi tersebut. Bertempat di Upper Club, CHIJMES, Singapura, 11 Mei lalu divisi Computer System dari Toshiba Singapore Pte Ltd merilis update lengkap seluruh jajaran notebooknya. Pada kesempatan tersebut, Toshiba juga memperkenalkan produk Universal USB Docking Station yang dilengkapi dengan kemampuan Video Output.



Untuk jajaran Tecra, notebook profesional yang ditujukan untuk kalangan bisnis dan korporasi, Toshiba merilis 2 seri terbaru yakni Tecra A9 dan M9. Keduanya dilengkapi dengan fitur khas, EasyGuard. Feature ini memadukan kehandalan hardware dan kecanggihan software untuk menjamin keamanan dan daya tahan notebook. Sebagai contoh, EasyGuard memiliki feature Protect & Fix yang akan melindungi komponen notebook dari beban berlebih, sehingga ketika notebook terjatuh sekalipun, keamanan data tetap terjaga. Seri Tecra A9 yang diperkuat oleh prosesor Core 2 Duo T7100 memiliki keunggulan dari sisi kinerja, daya tahan, dan keamanan dengan harga yang relatif terjangkau.

Dua seri Tecra M9 yang diluncurkan, M9-P461 dan E460 dilengkapi dengan teknologi Centrino Pro, yakni Centrino Duo yang ditambahkan feature vPro Active Management Technology (AMT 2.5). Seperti diketahui, teknologi Centrino Duo terdiri dari komponen seperti prosesor Intel Core 2 Duo dengan FSB 800MHz, chipset seri Intel 965, chip Intel PRO/Wireless 4965AGN, NAND flash memory technology, serta Intel Dynamic Acceleration. Kedua seri ini memiliki perbedaan pada prosesor, chipset, kapasitas memori, serta VGA internal yang digunakan. Tecra M9 ini dirilis mulai dari harga kisaran US$ 1750.

Seri berikutnya yang diluncurkan Toshiba adalah Satellite A200 dan M200. Satellite ini merupakan jajaran notebook terlaris yang dimiliki Toshiba. Sebagai top of the line A200 yang menggunakan layar 15.4 inci, yakni A200-P532, Toshiba menyediakan fasilitas dua harddisk kembar, masing-masing berkapasitas 160GB. Seri ini juga menggunakan grafis terintegrasi terbaru yang masih sangat gres dari ATI yaitu Mobility Radeon HD 2600 dengan memori video 256MB. Bahkan dengan teknologi HyperMemory, bisa dikembangkan menjadi 512MB jika memori utama yang terpasang berkapasitas 1GB ke atas.

Seri lainnya yang tersedia yakni A200-E530 dan A200-A510 memiliki spesifikasi sama, namun dengan grafis GeForce Go 7300 dan Intel GMA 950 dan harddisk yang lebih kecil yakni 120GB dan 80GB. Namun demikian, sebagai fitur multimedia, Toshiba tetap menyediakan built in speaker dari harman/kardon pada notebook ini. Untuk harganya, Toshiba seri Satellite digelar pada harga kisaran US$ 1300-1400.

Untuk versi M200, selain juga menggunakan teknologi Centrino Duo, Toshiba juga menyertakan desain Glossy Onyx Blue yang sangat elegan. Produk yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan webcam, fingerprint security namun dengan bobot yang ringan (ulai dari 2,26kg). Layar berukuran 14.1 inci yang digunakan mendukung fitur Clear SuperView yang memberikan tampilan yang sangat baik untuk game, film, dan lain-lain. Jajaran Toshiba Satellite M200 dilepas pada kisaran harga US$ 1450.

Untuk seri Qosmio, yang merupakan notebook seri multimedia, Toshiba mengusung fitur unggulan HD DVD writer dan integrated speaker 2 way lengkap dengan subwoofer. Produk yang satu ini juga menggunakan grafis terintegrasi yang juga baru dirilis yakni

GeForce 8600M GT. Seperti Satellite A200-P532, Qosmio G40-P730 juga menyediakan dua buah harddisk yang masing-masing berkapasitas 200GB. Untuk media penyimpanan utama, notebook dengan layar UWXGA berukuran 17 inci ini menyediakan RAM sebesar 2GB.

Seri Portege diupdate dengan produk R400 Tablet PC. Sesuai namanya, selain dapat berfungsi sebagai notebook biasa, produk ini dapat difungsikan sebagai sebuah tablet PC yang dioperasikan menggunakan stylus. Sebagai fasilitas EasyGuard, pada seri ini terintegrasinya biometric fingerprint reader, multi-level password dan modul enkripsi untuk melindungi data penggunanya dari pihak yang tidak berkepentingan. Portege R400 tersedia di pasaran dengan harga sekitar 3300 dolar AS.

USB Docking Station

Selain jajaran notebook, Toshiba juga merilis Dynadoc untuk memudahkan pengguna menghubungkan beberapa periferal secara simultan dan menyediakan fasilitas multiple display. Menggunakan koneksi USB 2.0, Toshiba Dynadock menyediakan enam buah port USB, port RJ45, DVI, mic in dan headphone out, serial dan SPDIF. Keluaran dari perangkat ini mendukung hingga resolusi UXGA (1600x1200) dengan kedalaman warna 24-bit. Selain dengan notebook Toshiba, produk ini juga dapat digunakan sebagai docking station dan port replicator untuk notebook lain. Cukup dengan menghubungkannya melalui koneksi USB 2.0 yang tersedia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar