Sabtu, Februari 07, 2009

Bahasa Pemrograman Karya Anak Bangsa

Saya bangga jika Indonesia dikenal karena prestasi dan buah karya anak bangsa. Saya mendukung semua anak bangsa yang mencoba membuat gebrakan baru untuk memperkenalkan tanah air kita Indonesia. Saya berharap, semua anak bangsa bisa menerima kritik dengan baik untuk memajukan bangsa ini, dan bukan menyodorkan segudang prestasi sehingga menuntut dihormati ketika karyanya dikritik yang sebenarnya untuk kebaikan dari karyanya sendiri.


Bahasa batak progressnnya berjalan sangat lambat. Lalu sekarang muncul bahasa Nusa dengan klaim superioritasnya yang sebenarnya metamorfosis dari bahasa batak yang bertahun-tahun yang lalu hampir selesai tapi tidak selesai-selesai. Saya rasa, seharusnya anak bangsa bekerjasama bukan malah memandang sebelah mata pada orang lain yang memberi kritik terhadap karyanya.

Saya tidak tahu, kapan kita bisa melihat bahasa Nusa benar-benar selesai dan mencapai tujuan perancangnya. Saya hanya berharap bahasa Nusa tidak membutuhkan waktu yang sama lamanya dengan bahasa Batak, atau malah mengalami nasib yang sama dengan bahasa Batak sehingga akhirnya harus berganti nama.

Saya mengundang semua yang tertarik untuk sama-sama mendukung bahasa Nusa dengan mencoba mendownload compilernya dan aneka dokumen pada situsnya, dan apabila Anda merasa cukup paham secara teknis bisa mencoba memahami apakah kritikan yang dilontarkan terhadap bahasa Nusa hanya sekedar omong kosong belaka atau demi kebaikan Bahasa Nusa.

Mari kita sama-sama membangun bangsa dengan bekerjasama dan menghasilkan karya-karya. Tidak harus sesuatu yang besaaaaar sehingga membutuhkan waktu lama dan melibatkan banyak dana, tapi bisa dimulai dari yang kecil tapi berguna untuk banyak orang. Saya sendiri saat ini berharap tulisan saya menjadi kontribusi mengajak semua orang untuk mendukung bahasa Nusa dengan lebih kritis, bukan hanya memuja-muja dan menunggu kapan bahasa Nusa mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Dari berbagai sumber - Risna Saragih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar