Rabu, Februari 11, 2009

PowerColor HD4870

Dari segi penampilan, tidak ada sesuatu yang spesial dari kartu grafis HD 4870 keluaran PowerColor ini. Ya, PowerColor masih menggunakan desain pendingin referensi milik ATI/AMD yang berukuran besar. Begitu juga dengan kartunya, tetap menggunakan desain standar sesuai referensi. Yang memberikan tanda jika produk ini keluaran PowerColor, hanyalah stiker yang menempel di badan pendinginnya.





PowerColor HD4870 ini, selain menggunakan desain kartu dan pendingin standar, juga memiliki kecepatan standar sesuai dengan referensi ATI. Kecepatan tersebut sebesar 750MHz untuk akseleratornya, dan 3600MHz untuk memori lokalnya. Untuk menunjang kinerjanya, kartu grafis ini memiliki memori lokal berkapasitas 512MB berjenis GDDR5.



Soal kinerja, kartu grafis ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan bermodalkan memori lokal GDDR5 berkapasitas 512MB, akselerator kencang dengan 800 buah stream processor, PowerColor HD4870 ini tentu saja akan memberikan kinerja yang sangat memuaskan. Semakin menarik lagi begitu melihat harganya yang cukup masuk akal (US$ 312), meskipun tidak bisa dibilang murah. (Steven Irwandi—Kontributor)



Plus : Kinerja bagus; pendingin yang efisien.

Minus: Terasa panas.



Skor Penilaian

Kinerja : 4,4

Fasilitas : 3,8

Instalasi : 3,75

Harga : 2,5

Skor Total : 3,74



Hasil Pengujian

Jika dibandingkan kartu grafis sekelas dari GeCube, performa PowerColor HD4870 terlihat setara. Maklum saja, keduanya pada dasarnya menggunakan produk yang sama; terlihat dari desainnya yang berbasis referensi standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar