Rabu, Februari 11, 2009

MSI P45 Neo3-FR


Tidak semua orang butuh slot kartu grafis ganda saat ingin melakukan upgrade menggunakan chipset terbaru. Selain biaya untuk kartu grafis menjadi lebih mahal, penggunaan kartu grafis tunggal kelas mid hingga high-end sendiri sering kali sudah mencukupi, termasuk untuk menjalankan game 3D terbaru. Oleh sebab itulah MSI menawarkan MSI P45 Neo3-FR ini.






Jika ditilik, motherboard ini menawarkan spesifikasi yang lebih sederhana dibanding motherboard berchipset Intel P45 lainnya. Contohnya fasilitas slot kartu grafis PCI-Express x16 2.0 yang cuma satu. Hal ini cukup jarang mengingat Intel P45 dirancang untuk menyertakan 2 slot karu grafis. Juga hanya disertakan 1 slot PCIe x1, yang berimbas pada jumlah slot PCI 2.3 yang lebih banyak.



Beberapa fitur lainnya masih seperti fitur motherboard berchipset Intel P45 pada umumnya. Dukungan resmi prosesor dengan FSB 333MHz (efektif 1333MHz) diberikan oleh motherboard ini. Dengan mengoverclock FSB, seharusnya 400MHz (1600MHz) pun masih mampu dijalaninya. Penggunaan memori utama masih menggunakan jenis memori DDR2 hingga DDR2-1066, meski harus melalui tahapan overclock. Meski demikian, kapasitas total maksimal yang mampu ditampungnya cukup besar, yaitu 16GB.



Bagi Anda yang berencana menggunakan banyak media penyimpanan, akan terpuaskan dengan total 8 port SATA 2. Ke delapan port ini terbagi menjadi 6 port yang diperoleh melalui ICH10R dan 2 sisanya oleh chip JMicron 363. Bagusnya kedua chip ini sudah mendukung konfigurasi RAID.



Bagi Anda yang ingin mengutak-atik sistem, perlu memperhatikan bahwa MSI menggunakan metoda jumper. Pada manual sendiri dijelaskan beberapa posisi jumper sesuai dengan peningkatan FSB yang diinginkan. Kami sendiri mencoba mengikuti metoda ini sesuai panduan. Hasilnya memang sedikit berbeda, dalam artian posisi jumper yang dijelaskan masih memungkinkan peningkatan melebihi yang tertera pada manual.



Dari hasil uji yang ada, kami mampu meningkatkan FSB standar prosesor dari 266MHz ke 375MHz. Bisa dibilang peningkatan yang kurang tinggi untuk sebuah motherboard berchipset Intel P45. Meski demikian, skor uji pada konfigurasi standar menunjukkan hasil yang bagus. Semua aplikasi uji berjalan lancar tanpa hambatan, dengan skor yang tidak jauh berbeda dengan motherboard berchipset Intel P45 lainnya.



***



Solusi yang ditawarkan MSI P45 Neo3-FR cocok bagi Anda yang merasa 2 slot kartu grafis mubazir, dan masih bergelut dengan periperal lawas. Dengan fitur yang lebih sederhana memang membuat harga jualnya cukup menarik. Cocok bagi Anda yang ingin memanfaatkan kinerja chipset anyar dengan harga terjangkau. (Dayu Akbar—Kontributor)



Hasil Pengujian

Pada konfigurasi standar, kinerja MSI P45 Neo3-FR terlihat tidak kalah dengan sesama motherboard berchipset Intel P45 lainnya seperti Gigabyte GA-EP45-DS3P. Sayangnya peningkatan FSB kurang tinggi, padahal chipset Intel P45 sebenarnya memiliki kemampuan overclock yang bagus.

2 komentar:

  1. MSI tu lokal punya ya mas?

    BalasHapus
  2. gan w ada rencana mau bli neh mobo

    kira2 ada solusi mobo lain tp harga sesuai dengan msi ini
    klo bisa dibwahnya gan

    BalasHapus