Selasa, Maret 02, 2010

Kecemburuan Dalam Rumah Tangga Poligami Rosululloh SAW ( bagian 2 )

Lalu Nabi SAW pun mengumpulkan dua pecahan piring dan mengumpulkan makanannya di dalamnya,seraya berkata: " Ibu kalian cemburu." Lalu beliau menahan pelayan tersebut sehingga diberilah ia piring milik istri yang beliau ada di rumahnya,dan menyerahkan piring yang utuh kepada yang punya piring yang dipecahkan,dan menahan yang pecah di rumah istri yang ( piring tersebut) pecah di sana.( HR. al-Bukhori 5225 )

Istri Nabi yang mengirimkan makanan ialah Zaenab binti Jahsy RA,sedangkan yang memecahkan piring ialah ' Aisyah RA. ( Fathul Bari, Ibnu Hajar al-Asqolani 7/2301)

Kisah serupa seperti yang diriwayatkan oleh imam an-Nasa'i ,dari ummul mukminin Ummu Salamah RA.,bahwa dia datang kepada Rosululloh SAW yang sedang bersama beberapa sahabat beliau,dengan membawa makanan di sebuah piring miliknya. Maka datanglah 'Aisyah dalam keadaan bersarungkan sebuah selimut lebar sambil membawa batu sebesar genggaman tangan lalu ia memecahkan piring tersebut dengannya. Maka Nabi SAW pun mengumpulkam dua belah pecahan piring tadi seraya bersabda: " Makanlah,ibu kalian sedang cemKburu." Beliau mengucapkan dua kali. Kemudian Rosululloh SAW mengambil sebuah piring 'Aisyah dan mengutus seseorang untuk membawanya ke Ummu Salamah ( yang pecah buat 'Aisyah RA.) ( HR. an-Nasa'i 3973,dishohihkan oleh al-Albani dalam Irwaul Gholil 5/360 )

Perhatikanlah kisah dalam dua hadits di atas. Pada hadits pertama di atas hanya disebutkan julukan kemuliaan saja,yaitu ummul mukminin,tidak disebutkan nama mereka. Hal ini untuk mempermaklumkan kecemburuan yang ada di antara mereka dari salah satu mereka terhadap salah satu yang lainnya.para madunya, dari para istri Rosululloh SAW yang mulia

BERSAMBUNG.................






Adsense Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar