Senin, Februari 15, 2010

ASAL USUL KERAHIBAN DALAM AGAMA NASRANI

 ASSALAMUALAIKUM  WR. WB.

Yang dimaksud dengan kerahiban(rohbaniyyah) ialah perilaku orang-orang untuk tidak beristri atau tidak bersuami dan mengurung diri dalam biara

Agama Nasrani diturunkan ALLOH SWT kepada Nabi Isa AS sebelum masa diutusnya Nabi Muhammad SAW.Al-Qur'an menetapkan bahwa Isa bin Maryam AS adalah seaorang nabi dan rosul yang diutus pada umat sebelumnya dengan membawa kebenaran

Biara dan kuil termasuk bagian dari perjalanan agama Nasrani.Bangunan ini sekarang digunakan penganut ajaran Nasrani untuk menjauhkan diri khalayak,meninggalkan segala kenikmatan dunia,tidak beristri atau tidak bersuami dan sebagainya.Namun bagaimanakah aqidah orang-orang yang ada di dalamnya? Benarkah ini bagian adri ajran Taurat dan Injl ? Semoga kisah berikut dapat memberi jawabannya.Walohu A'lam.

ALKISAH

Imam an-Nasa'i meriwayatkan sebuah kisah dari sahabat Ibnu
Abbas RA bahwasanya beliau mengatakan:


Setelah Isa bin Maryam AS diangkat,para raja mengubah-ubah Taurat dan Injil.Namun demikian,masih ada sebagian orang-orang yang beriman yang membaca kitab Taurat(asli)
Lalu(orang-orang yang menyimpang) berkata kepada raja-raja mereka itu : "Kami tidak menjumpai suatu celaan yang lebih menghinakan daripada celaan mereka (orang-orang yang beriman kepada Taurat) terhadap kami,karena mereka selalu membaca ayat :

"BARANG SIAPA YANG TIDAK MEMUTUSKAN MENURUT APA YANG DITURUNKAN ALLOH,MAKA MEREKA ITU ADALAH ORANG-ORANG YANG KAFIR: QS.al-Ma"idah[5]: 44)

Dengan ayat -ayat yang mereka baca tersebut mereka menghina kami sebab perbuatan-perbuatan yang kami lakukan. (Sebab itu) panggillah mereka dan perintahkan kepada mereka untuk membaca (Taurat) seperti yang kami baca dan mengimani sebagaimana yang kami imani."

Kemudian para raja memanggil mereka (orang-orang yang beriman dengan Taurat) dan mengumpulkan mereka serta mengancam akan metreka semua,kecuali kalau mereka kalu mereka mau meninggalkan pembacaan kitab Taurat dan Injil serta beralih pada kitab yang telah mereka ubah.
Lalu mereka (orang-orang yang beriman) berkata : "Apa yang kalian inginkan dari hal itu ? Biarkanlah kami ( tetap hidup,Red)."
Sebagian yang lain berkata " Bangunkanlah untuk kami sebuah menara yang tinggi dan biarkanlah kami tinggal menyendiri di sana, lalu berilah kami tangga yang dapatv membawa makanan dan minuman untuk kami.dan kami tidak akan mengganggu urusan kalian."
Sebagian yang lain berkata : " B irkanlah kami berpetualag di muka bumi ini.Kami akan makan dan minum seperti halnay makan dan minumnya binatang buas. Apabila kalian masi menjumpai kami berada i daerah kawasan kalian, bunuhlah kami."


bersambung.................

WASSALAMUALAIKUM



Adsense Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar