Sabtu, Oktober 03, 2009

Wah, Ada Antivirus Gratisan dari Microsoft




Microsoft identik dengan segala produk yang lisensinya berbayar. Mulai sistem operasi Windows, paket pengolah dokumen Microsoft Office, sampai alat bantu pemprograman Microsoft Visual Studio. Makanya, kehadiran produk gratisan dari vendor yang satu ini dianggap sebagai "barang langka".

Salah satunya adalah yang baru hadir berupa program keamanan komputer bernama Microsoft Security Essentials (MSE). Apa isinya? Ternyata peranti pengamanan standar untuk PC seperti antivirus dan anti-spyware. Microsoft mengklaim aplikasinya ini mampu berjalan lebih cepat dan lebih ringan dibanding produk-produk antivirus lain yang ada di pasaran, seperti Norton dan McAfee.

Melalui juru bicaranya, Microsoft mengumumkan bahwa Security Essentials sudah bisa diunduh oleh publik mulai 29 September 2009. Aplikasi ini mendukung sistem operasi Windows XP, Vista, dan Windows 7 dan besar installer-nya antara 4,7 MB - 8,61 MB (tergantung pilihan OS). Oh ya, MSE hanya bisa digunakan pada sistem operasi yang asli, bukan bajakan.

Dengan munculnya MSE, berakhir pulalah "masa tugas" produk keamanan keluaran Microsoft sebelumnya -- Windows Live OneCare -- yang berbayar. Bahkan sebenarnya produk tersebut telah distop dukungannya sejak bulan Juni lalu.

Kegagalan Live OneCare secara komersial dituding oleh para pesaing sebagai bukti ketidakmampuan Microsoft bersaing di pasar aplikasi keamanan. Oleh karena itu, mereka pun tidak merasa khawatir terhadap MSE. Seorang pengamat dari nCircle Network Security, Andrew Storms, menyatakan, "Microsoft masih harus membuktikan kapasitasnya dalam arena ini. Windows Defender saja, yang juga gratis, bukan merupakan anti-spyware terbaik yang ada saat ini."

Selanjutnya Storms pun mempertanyakan masa depan hubungan Microsoft dan para vendor antivirus. Ini terkait fakta bahwa perusahaan milik Bill Gates ini pernah berbagi informasi mengenai risiko dan ancaman keamanan dengan Symantec dan beberapa vendor lain dengan tujuan melindungi pengguna Windows. "Apa yang akan dipikirkan vendor-vendor antivirus tersebut saat Microsoft malah ikut "bermain" di pasar mereka?" ucapnya.

Beberapa review yang beredar di situs dan blog sih mengungkapkan kesan-kesan positif. Kalau Anda juga penasaran ingin mencoba "barang langka" yang satu ini, silakan kunjungi situs http://www.microsoft.com/security_essentials.

Adsense Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar