Jumat, Oktober 02, 2009

Siswa Binus Center Juarai Kompetisi Jaringan Tingkat Nasional


Pernah mendengar kompetisi NetRiders Skills Competition? Inilah ajang internasional yang mempertandingkan siswa-siswa Cisco Networking Academy di seluruh dunia, tentu saja dalam bidang keahlian jaringan. Kompetisi ini menguji kemampuan dan tingkat keahlian dalam bidang rancangan, konfigurasi, pengembangan, dan perawatan hardware jaringan komputer. Semua hal tersebut telah tercakup dalam kurikulum Cisco Networking Academy.

Untuk menjaring pesertanya, Cisco mengadakan kompetisi tingkat loka1l dan regional. Salah satunya di tanah air melalui Indonesia NetRiders Skills Competition 2009 yang baru saja menghasilkan satu tim juara. Mereka adalah Hendra Suwardy dan Johanes, dengan nama tim “microbrain”, yang berasal dari Binus Center Kedoya.

“microbrain” berhasil menyisihkan 124 kelompok lainnya dalam melewati tiga babak: penyisihan, semifinal, dan final. Di babak penyisihan dan semifinal, para peserta dihadapkan pada ujian online. Sementara di babak final, selain menghadapi ujian online, peserta juga harus menyelesaikan simulasi Packet Tracer 5.2 dan adu cepat menjawab soal. Ketiga tahap ujian ini membutuhkan keterampilan dalam teori dan praktik. Terdapat sepuluh peserta yang tampil di babak semi final, yang kemudian disaring hingga menjadi tiga di babak final.

Sebagai juara, “microbrain” berhak membawa pulang hadiah uang tunai dan router nirkabel dari Linksys by Cisco. Secara otomatis, mereka jugalah yang bakal mewakili Indonesia dalam ajang Asia Pacific NetRiders 2009, esok hari (29/10). Kompetisi dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Cisco WebEx.

“Indonesia memiliki bibit-bibit SDM bidang ICT yang kualitasnya tidak kalah dengan negara lain. Cisco bangga dapat berpartisipasi dalam memupuk bakat-bakat ini lewat program Cisco Networking Academy. Mereka diharapkan dapat mendorong kolaborasi sumber potensi di Indonesia yang tersebar secara geografis,” ujar Sanjay Rohatgi (Managing Director Cisco Indonesia).

Sekadar informasi, Indonesia NetRiders Skills Competition pertama kali diselenggarakan pada tahun 2004 dengan jumlah peserta 100 orang. Mereka merupakan perwakilan dari seluruh Cisco Networking Academy di Indonesia.

Adsense Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar