Kamis, Juli 23, 2009

7 Layer Pada OSI


Tentunya kita sudah sangat mengenal LAN,WAN bahkan jaringan GSM dan arsitektur jaringan lainnya …. Nah sebelum kita mengenal itu semuanya alangkah lebih baiknya kita mengenal si OSI ( Open system interconnection ).

OSI adalah model lapisan jaringan yang di keluarkan oleh si ISO ( International Standard Organization ) dan masuk dalam standar de jure.

Klo kita sudah banyak melihat tutorial LAN,TCP/IP dan SS7 mungkin sudah tidak aneh karena memang selalu menyertakan standard ini.Bahkan apabila kita mengambil sertifikasi CCNA atau pada saat interview kerja sebagai network administrator sudah hal yang umum pertanyaan tentang si OSI.Apa aja sih dalam OSI ini ……????

OSI terbagi dalam 7 lapisan, rendra akan urutkan mulai dari hal yang paling umum / atau yang memang kita biasa pake dahulu ( user commonly friendly hehe ) biar gak bingung …..



1. Layer 7 adalah Application

Berfungsi untuk menyediakan sarana-sarana pelayanan unik ke end user pada jaringan komputer dan mengadakan komunikasi dari program ke program dalam sebuah jaringan komputer.Jika anda akan mengirim / menerima data maka proses itu akan bekerja melalui lapisan ini.Misalnya : E-mail,Browsing, FTP,Virtual terminal dan akses ke database.

2. Layer 6 adalah Presentation

Berfungsi untuk menyediakan sarana-sarana pelayanan untuk konversi,format,kompresi dan enkripsi data.Format yang dipakai misalnya MIDI,JPEG,PNG,ASCII,EBCDIC,Quicktime dan MKV.

3.Layer 5 adalah Session

Berfungsi untuk membuka, mengatur dan menutup suatu session antara aplikasi.Nah protokol yang berfungsi di lapisan ini antara lain adalah SQL,X-Windows,NFS dan Appletalk session protocol ( ASP ).

4. Layer 4 adalah Transport

Lapisan ini bertanggung jawab atas keutuhan dari transmisi data dimana proses flow control, error recovery, sequencing dan acknowledgement terjadi.Dalam implementasi nya lapisan ini memisahkan lapisan tingkat atas ( Application, presentation dan session ) dengan lapisan tingkat bawah.Pada lapisan ini data di ubah menjadi segmen atau data stream.Ada dua jenis hubungan pada lapisan ini yang perlu diketahui:

Connection oriented, ditunjang oleh Transmission Control Protocol dengan menggunakan port 6.

Dalam melakukan pengiriman Connection oriented melakukan tiga langkah yaitu mengadakan hubungan, pengiriman paket-paket dan pemutusan hubungan.Dan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

* Semua paket mendapat tanda terima / acknowledge dari penerima.
* Paket yang tidak diterima dikirim ulang.
* paket-paket diurut kembali/ sequence.

Connection oriented sangat reliable maka banyak dipakai untuk audio dan video namun kelemahannya karena jalur yang digunakan di dedikasikan untuk suatu hubungan tertentu, maka hubungan ini tidak dapat digunakan oleh pemakai lain menyebabkan pemakan bandwidth kurang efektif.

Connectionless oriented, ditunjang oleh User Datagram Protocol ( UDP ) di port 17.

Berbalik dengan connection oriented jenis hubungan ini tidak reliable ( no acknowledge dan no sequence ).Dalam pemakaian bandwidth tergolong efektif karena jalur yang digunakan tergantung dari paket per paket, maka jika terjadi kemacetan di jalur satu dapat disalurkan ke jalur yang lain.

5. Layer 5 adalah Network

Lapisan ini berfungsi dalam proses routing yaitu meneruskan paket-paket dari satu node ke node lain dan memilih jalur yang terbaik untuk dalam meneruskan paket di jaringan komputer.Pada lapisan ini segmen-segmen di ubah menjadi paket-paket dengan menambah informasi mengenai alamat logika atau IP address yang dituju, dan alamat asal dari paket.Router bekerja di lapisan Network.

6 .Layer 6 adalah Datalink

Lapisan ini berfungsi untuk mengatur topology jaringan error notification,framing dan flow control.Peralatan jaringan komputer yang bekerja di lapisan ini adalah switch dan brigde.Lapisan ini mengubah paket-paket menjadi frame dan menambahkan informasi mengenai alamat hardware / MAC Address yang dituju serta alamat asal.

7. Layer 7 adalah Physical

Lapisan ini berfungsi untuk mengaktifkan dan mengatur physical interface jaringan komputer.Pada lapisan ini hubungan antara interface-interface dari perangkat keras di atur seperti hubungan antara DTE dan DCE.Misal : V.35,10BaseT,100BaseTX,HSSI ( High speed Serial interface ) dan X.21.
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar