Rabu, Juni 24, 2009

Awas! Spammer Curi Informasi Pribadi di Twitter


Merek ternama biasanya mudah dieksploitasi untuk sebuah reputasi. Pertumbuhan situs jaringan sosial pun terkena getahnya, maka tidak mengehrankan apabila saat ini kepercayaan dan reputasi yang dimiliki oleh situs-situs tersebut disalahgunakan oleh Spammer.

Sebut saja dalam bulan-bulan terakhir, Twitter, sebuah situs mikroblogging bahkan telah sukses dimanfaatkan oleh Spammer. Sebut saja dalam bulan-bulan terakhir ini, serangan spam diindikasikan telah dimanfaatkan oleh spammer. Situs tersebut (Twitter) dibunakan untuk dua kampanye spam yang berbunyi: "Make Money Fast" (MMF) dan spam kencan.

Dalam serangan MMF, ditawarkan paket "Risk-Free Twitter Profit Software". Penerima pesan jenis ini akan diarahkan pada sebuah frormulir Web yang menanyakan informasi pribadi termasuk nama, alamat, email dank ode pos. Selanjutnya akan diikuti dengan formulir lain yang menanyakan nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa dan kode keamanan.

Berikut ini merupakan beberapa baris subyek yang digunakan dalam spam MMF Twitter:

Subject: Twitter Guru Reveals All On Video

Subject: Use Twitter to make money

Subject: Teenagers are playing online and making grundles of money.

Dalam serangan terkait Twitter yang kedua, yaitu pada situs kencan Twitter bernama Datewit yang menjadi sasaran. Di sana ditemukan berbagai domain spam yang baru terdaftar digunakan dalam link. Selanjutnya dari link tersebut akan mengarahkan pengguna untuk memasukkan kredensial Twitter guna membuka situs kencan tersebut. Dalam usaha untuk menghindari filter anti-spam, pesan email tersebut disamarkan sebagai konten legal.

Dapat dilihat sebagai berikut:

From: "DateTwit" From: "DateTwit"



From: "DateTwit"

From: "DateTwit"



Akhir kata, melalui serangan-serangan tersebut Sapmmer berharap dapat menarik penerima untuk beraksi dengan bersembunyi dibalik reputasi merek jaringan sosial Twitter yang semakin populer. Jadi waspadalah.
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar