Sabtu, April 18, 2009

Lariskan Antivirus Palsu, Conficker Diperalat


Hingga kini demam Conficker masih saja terasa. Namun demikian, ternyata kondisi tersebut juga telah dimanfaatkan oleh para spammer untuk menawarkan teknologi software antivirus terbaru "Antivirus 2009" yang diklaim mampu melindungi pengguna dari ancaman Conficker. Beberapa dari pesan spam ini bahkan menggunakan nama dan gambar software yang menyerupai Norton Antivirus 2009.

Tanggal 1April lalu yang juga dikenal sebagai April Mop bahkan juga diantisipasi sebagai hari penyebarluasan worm Conficker dengan kemungkinan peluncuran ancaman yang besar. Dalam hal ini, pihak Norton Antivirus telah menemukan contoh spam yang mencoba untuk memanfaatkan demam Conficker (a.k.a Downadup) melalui penawaran teknologi software antivirus terbaru yang bertujuan melindungi pengguna dari ancaman Conficker.

Beberapa pesan yang ditampilkan spam tersebut bahkan menyebut nama dari salah satu karyawan Symantec yang kerap ditulis di media. Jadi, dalam upayanya untuk meraup keuntungan, situs produk tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga seolah-olah salah satu solusi keamanan bagi konsumen Norton.

Cara kerja situs tersebut adalah dengan menggunakan nama Antivirus 2009 dan membandingkan dirinya dengan solusi antivirus lainnya (Spybot, Kaspersky dan AVG). Apabila pengguna telah meng-klik link yang ada dalam situs, pengguna akan menemukan bahwa link tersebut langsung mengarah ke situs yang mengarahkan pengguna tentang cara melakukan pembayaran. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui secara jelas apakah produk tersebut akan serius tersedia setelah dilakukan pembayaran. Namun, apabila benar produk tersebut tersedia, efektivitasnya pasti akan dipertanyakan karena kemungkinan besar itu merupakan aplikasi jahat atau software bajakan. Jadi, hati-hatilah!
cewek sma bugil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar