Minggu, Maret 08, 2009

Versi Firefox Selanjutnya Adalah 3.5


Rilis Firefox berikutnya yang diberi nama Shiretoko dan saat ini berada dalam tahap pengembangan akan menyandang Firefox 3.5 sebagai versi menggantikan 3.1 seperti yang direncanakan pada awalnya. Menurut notulen rapat Firefox kemarin, perubahan nama versi ini dilakukan untuk mengkomunikasikan banyaknya perubahan yang telah diperkenalkan sejak Firefox 3.0 pertama kali dirilis di pertengahan tahun lalu.

Perubahan-perubahan yang terdapat di Shiretoko mencakup peningkatan terhadap fitur tabbed browsing, kompatibilitas terhadap standar web seperti CSS 3, engine JavaScript TraceMonkey yang 40X lebih cepat dan fitur private browsing yang memungkinkan pengguna untuk berselancar web tanpa meninggalkan jejak.

Versi beta 3 yang akan dirilis selanjutnya tetap akan menyandang nama Firefox 3.1 sementara Mozilla melakukan beberapa modifikasi terhadap alat-alat pengembangan mereka. Source code untuk Beta 3 telah final dan Mozilla memperkirakan perilisan versi beta terbaru ini minggu depan setelah prosedur QA diselesaikan.

Tampaknya Beta 3 juga bukan merupakan versi beta terakhir seperti yang diharapkan. Walaupun begitu versi Beta 4 akan dirilis dalam waktu dekat ini untuk memperbaiki bug baru yang ditemukan maupun sekitar 100 bug penting lain yang sudah diketahui.

Selain beberapa perubahan besar yang sudah disebutkan di atas, masih ada juga banyak fitur kecil yang akan dikemas ke dalam Firefox 3.5 termasuk fitur pencarian tab melalui Awesome Bar, beberapa perubahan terhadap tampilan Firefox di Windows dan halaman about:me yang memperlihatkan profil pengguna berdasarkan riwayat web, fitur untuk menghapus riwayat web secara selektif di jendela waktu yang ditentukan dan lain-lain. (MozillaLinks via LouCypher)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar