Sabtu, Februari 28, 2009

Windows 7 Keluar Bulan September


Microsoft berkemungkinan akan mendebutkan sistem operasi terbarunya, Windows 7 di kuartal ketiga, beberapa bulan sebelum target rilis awal di akhir tahun 2009. Ray Chen, presiden Compal Electronics, vendor yang memproduksi laptop untuk HP dan Acer mengatakan bahwa "menurut rencana saat ini, seharusnya akhir September atau awal Oktober."

Windows 7, OS baru penerus Windows Vista yang dirilis di bulan Januari 2007 berkemungkinan membantu mendongkrak penjualan PC di tengah resesi global, menurut Chen. Penjualan laptop global tahun ini tidak akan berubah banyak dari 2008, akan terjual sekitar 120 hingga 125 juta unit.

"Windows 7 memiliki kinerja yang jauh lebih baik daripada Windows Vista," kata Daniel Chang, seorang analis industri komputer di Macquarie Securities di Taipei. "Ulasan yang ditulis sangat baik dan Windows 7 memiliki peningkatan drastis di segi tampilan."

Microsoft, produsen software terbesar dunia sebelumnya telah secara resmi mengatakan bahwa OS baru ini akan dirilis sekitar tiga tahun setelah mulai dijualnya Vista, atau bulan Januari 2010. Amelia Agrawal, juru bicara Microsoft yang ditugaskan di Microsoft di Singapura mengulang pernyataan tersebut baru-baru ini.

Akan tetapi, beberapa eksekutif Microsoft mengindikasikan bahwa produk tersebut berkemungkinan debut lebih awal. Di bulan Oktober tahun lalu Bill Veghte, senior VP divisi Windows mengatakan bahwa produk tersebut akan dirilis dalam satu tahun, kira-kira sama dengan prediksi Compal. Di bulan April 2008, pendiri Microsoft Bill Gates juga mengatakan bahwa versi selanjutnya akan dirilis "dalam sekitar setahun."

CEO Microsoft Steve Ballmer beberapa hari lalu menolak untuk memprediksi apakah Windows 7 akan mampu memacu industri PC yang tengah mengalami perlambatan, menambahkan bahwa niat beli konsumen maupun korporat tengah saat ini berkurang, sebuah tren yang akan terus berlanjut. Akan tetapi ia juga mengatakan bahwa Microsoft "memiliki produk yang cukup baik. Ada beberapa orang yang menunda niat belinya, setelah mencoba Vista tetapi tidak ingin menggunakannya, tetapi tetap saja harus kita lihat."

Microsoft yang saat ini masih menguasai lebih dari 90% pangsa pasar PC di dunia menghadapi persaingan yang semakin ketat. Windows kehilangan lebih dari 1% pangsa pasar karena banyaknya pengguna yang beralih menggunakan Mac. Windows juga dalam waktu dekat ini akan mulai bersaing dengan OS Android buatan Google yang walaupun saat ini hanya dipakai di ponsel, akan mulai memasuki segmen netbook. (via Bloomberg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar