Jumat, Februari 06, 2009

Seagate Pastikan Rilis Drive 2 TB Tahun Ini

Setelah sempat diberitakan sekitar pertengahan tahun lalu, akhirnya Seagate Technology LL.C meluncurkan produk terbarunya, yakni 2 TB enterprise-class disk drive sebagai anggota keluarga baru dari drive SAS dan SATA.

Tipe Constellation 2,5 inci dan Constellation ES 3,5 inci baru ini hadir dengan model serial SCSI 6Gbit/detik atau serial ATA 3Gbit/detik, serta termasuk fitur yang memungkinkan mereka untuk mematikan tenaga ketika sedang tidak digunakan untuk menghemat penggunaan tenaga.




Bulan lalu, Western Digital Corp. (WD) juga merilis drive 2TB, tetapi tipe SATA yang ditujukan untuk desktop dan aplikasi penyimpanan eksternal lainnya. Produk milik WD ini menggunakan 4 piringan 500GB, di mana masing-masing memiliki kepadatan areal 400Gbit per inci persegi. Produk ini memiliki kecepatan transfer 3Gbit/detik dan 32MB cache. Harga pasaran resminya adalah sebesar US$299.

Model constellation dan constellation ES milik Seagate pun juga menggunakan 4 piringan yang memiliki kecepatan putaran 7200 rpm dan lebih ditujukan untuk pengoperasian pusat data. Produk ini hadir dengan 32MB cache pada model SATA dan 16MB cache pada model SAS. Kedua tipe ini diproyeksikan untuk menggantikan model Barracuda ES yang juga milik Seagate.

Tipe constellation akan tersedia para kuartal ini dengan kapasitas 160GB dan 500GB. Sedangkan, constellation ES tersedia pada kuartal ketiga tahun ini dengan kapasitas 500GB, 1TB, dan 2TB.

Seagate mengatakan kalau mereka menargetkan model baru ini untuk aplikasi-aplikasi Tier 2 atau pusat penyimpanan data jarak dekat, yakni setingkat di bawah Fibre Channel 15000 rpm dan drive SAS, yang digunakan untuk penyimpan utama. Produk baru Seagate ini akan diletakkan pada susunan kepingan dan server di antara penyimpan utama dan system tape archive.

Seagate juga menekankan kembali kalau produk ini bisa menghemat tenaga dengan menggunakan firmware PowerChoice dari Seagate ketika sedang tidak digunakan, sehingga bisa menghemat tenaga hamper 54% pada lingkungan perusahaan.

Sayangnya, sampai sekarang Seagate belum mengumumkan harga resmi dari kedua tipe barunya ini.

2 komentar:

  1. Anonim4:21 PM

    jos nih infonya....

    BalasHapus
  2. mantapp..makin banyak dhe hardisk seagate..kebetulan mo nambah neh wahhah

    BalasHapus