Sabtu, Februari 07, 2009

Pemandangan Dasar Laut 3D dan Mars di Google Earth 5.0



Google Earth, aplikasi cross platform yang memetakan dunia dalam bentuk 3D kini telah sampai versi 5.0 Beta. Pihak Google mengumumkan bahwa versi terakhir ini megemas beberapa penambahan fitur yang sebagian besar berkaitan dengan permukaan dan dasar laut.

Fitur-fitur terbaru di Google Earth 5.0 Beta:

1. Historical Imagery - Google Earth membantu kita mempelajari bagaimana keadaan lingkungan dan bangunan dari suatu tempat di masa lalu.

Cara penggunaannya, pertama Anda klik ikon berbentuk jam analog di taskbar, lalu akan muncul slider dan kita tinggal menggesernya untuk kembali ke masa lalu yang akan secara otomatis mengubah lokasi di permukaan bumi yang sedang kita lihat saat itu sesuai dengan waktunya.
2. Peta bawah laut - setelah berkutat pada daratan dan objek-objek langit, akhirnya kita bisa menjelajah laut sampai pada dasar permukaannya yang paling dalam. Pada tempat-tempat tertentu kita akan menemukan tanda yang jika diklik memunculkan video dokumentasi milik National Geographic dan BBC. Dengan fitur ini kita bisa mempelajari tentang perubahan iklim dan spesies makhluk hidup laut apa saja yang terancam punah.

Yang menarik kita juga bisa mengubah kamera untuk memberikan kesan seakan-akan sedang berjalan di atas permukaan laut, menyelam dan mencari tempat-tempat menarik seperti mengunjungi segitiga bermuda dan menemukan bangkai kapal.

Kunjungi bagian Layers yang ditandai dengan "Ocean" dan untuk melihat perubahannya Anda hanya perlu memperbesar pandangan untuk melihat permukaan laut yang bergelombang dan kita bisa sampai masuk ke dalamnya untuk melihat pemandangan dasar laut.
3. Merekam aktivitas - sekarang kita bisa merekam semua kegiatan dalam menjelajah permukaan bumi.

Klik ikon kamera di taskbar, lalu di pojok kiri bawah klik tombol Rec. dan mulailah menjelajah ke tempat-tempat yang Anda inginkan, setelah itu Anda bisa melihat hasil rekaman dengan klik tombol Play.
4. Tampilan 3D untuk permukaan planet Mars - berkat data dan gambar dari NASA dan sumber lainnya yang berkaitan dengan Mars, sekarang kita bisa menjelajah permukaan planet berwarna merah ini dari Google Earth. Sebagai contoh gambar di bawah ini adalah kawah gunung Olimpus ditemukan di permukaan planet Mars, gunung api terbesar yang pernah ditemukan di tata surya.

Pemandangan Mars di Google Earth 5





Untuk lebih jelasnya mengenai fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, silakan tonton video berikut ini:



Lalu untuk sumber unduhnya yang saya coba melalui situs resmi, entah mengapa selalu yang diunduh adalah GoogleUpdater.exe dan saya tidak pernah berhasil menginstalnya. Akhirnya saya mendapat link lain, yaitu melalui FileHippo sehingga saya bisa mendapat file GoogleEarthSetup.exe.

Sumber:

* http://blogoscoped.com/archive/2009-02-02-n85.html
* http://lifehacker.com/5144589/google-earth-50-beta-released-looks-incredible

1 komentar:

  1. mantap dah gugle ert...jangan aja bisa ngintip orang mandi..hhahahah

    BalasHapus