Kamis, Februari 26, 2009

Asus Kembangkan Netbook Berbasis Android

Asus yang menjadi pelopor segmen netbook berharga di bawah $500 mengatakan bahwa mereka tengah mengembangkan netbook berdasarkan sistem operasi Android yang pada awalnya dikembangkan Google untuk dipakai di ponsel pintar. Samson Hu, pimpinan divisi Eee PC Asus mengatakan bahwa mereka telah menugaskan beberapa insinyur untuk menyiapkan salah satu produk netbook perusahaan untuk menggunakan Android sebelum akhir tahun.



Apabila Asus menggunakan Android untuk mengoperasikan produk netbook-nya, hal ini hanya akan mempersengit persaingan antara Google dengan Microsoft, tidak terbatas pada layanan internet seperti search engine saja, melainkan memasuki segmen di mana Microsoft merupakan pemain terkuat, yaitu sistem operasi untuk PC di mana Microsoft masih menguasai sekitar 90% pangsa pasar.

Netbook adalah produk laptop berukuran kecil yang didesain hanya untuk pemakaian ringan seperti email dan layanan berbasis internet lainnya dan merupakan segmen industri komputer yang berkembang paling pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Calvin Huang, seorang analis di Daiwa Securities mengatakan bahwa "dengan dukungan Google, Android berpotensi untuk benar-benar menyaingi Microsoft dan merebut sebagian pangsa pasarnya. Keuntungan dari Android adalah lisensi gratis" dan pada awalnya didesain untuk dipakai di ponsel, Android sangat efisien dan bahkan beroperasi menggunakan CPU murah seperti ARM 200MHz.

Akan tetapi Hu juga mengaku bahwa pengembangan sistem ini masih berada dalam tahap awal dan masih belum 100% akan menjadi produk yang akan dirilis ke publik. (Bloomberg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar